Mengenal Teknologi Blockchain Yang 2024 Kini Jadi Solusi Perbankan Era Baru oleh Platform Aset Digital Terkemuka

muh zadit

0 Comment

Link
teknologi blockchain solusi perbankan

Dalam dunia yang semakin digital, teknologi blockchain telah menjadi kunci inovasi dalam berbagai sektor, termasuk perbankan.

Fasset, penyedia platform aset digital terkemuka, dan Malaysia Building Society Berhad (MBSB) telah membuka lembaran baru dalam dunia perbankan dengan menandatangani Letter of Intent (LOI).

Kemitraan ini membuka peluang bagi ratusan ribu pelanggan Grup MBSB di seluruh negeri untuk mengakses solusi aset digital inovatif.

Selain itu, ini juga memungkinkan Grup MBSB untuk melayani segmen konsumen yang beragam dengan berbagai kelas aset digital.

Mari kita telusuri lebih lanjut tentang bagaimana teknologi blockchain ini membuka era baru dalam perbankan.

teknologi blockchain solusi perbankan

Fasset dan MBSB: Perbankan Berbasis Teknologi Blockchain Jadi Solusi Era Baru

Fasset, penyedia platform aset digital terkemuka, dan Malaysia Building Society Berhad (MBSB) telah membuka lembaran baru dalam dunia perbankan dengan menandatangani Letter of Intent (LOI).

Penandatanganan ini dilakukan pada KTT KL20 dan menandai ekspansi Fasset ke Malaysia, setelah sukses meluncur di Indonesia dan Uni Emirat Arab.

Kemitraan ini membuka peluang bagi ratusan ribu pelanggan Grup MBSB di seluruh negeri untuk mengakses solusi aset digital inovatif.

Selain itu, ini juga memungkinkan Grup MBSB untuk melayani segmen konsumen yang beragam dengan berbagai kelas aset digital.

Kolaborasi antara kedua perusahaan ini akan menghasilkan inovasi penawaran melalui platform perbankan online.

Pengguna dapat membeli, menjual, atau menukar aset digital yang didukung oleh teknologi blockchain yang aman.

Opsi investasi yang tersedia mencakup emas yang ditokenisasi, ekuitas, sukuk, dan rahnu.

Dato’ Wan Kamaruzaman Bin Wan Ahmad, Ketua MBSB, mengungkapkan bahwa MBSB mengakui kekuatan transformasional teknologi di sektor perbankan.

Bahwa inisiatif ini merupakan langkah signifikan bagaimana teknologi blockchain tidak hanya dapat meningkatkan penawaran layanannya. Ketua MBSB itu juga bersemangat untuk melayani pelanggan lebih baik.

CEO Fasset, Mohammad Raafi Hossain, menambahkan bahwa Fasset berkomitmen untuk memberdayakan miliaran orang untuk membangun dan mengelola kekayaan mereka.

Dengan teknologi blockchain, CEO Fasset itu melakukan ini dengan cara yang aman, transparan, dan inovatif.

CEO Fasset merasa terhormat menjadikan MBSB sebagai mitranya di Malaysia dan bersemangat untuk menawarkan solusi investasi dan manajemen aset digital kepada pengguna mereka.

Fasset telah bekerja sama erat dengan beberapa perusahaan seperti telko, bank digital, penyedia dompet digital, manajemen investasi, fintech, dan perusahaan manajemen aset.

Pada tahun 2023, Fasset meluncurkan bursa aset digital pertama di dunia yang dapat diakses langsung dalam aplikasi telko, tersedia untuk lebih dari 100 juta pengguna di Indonesia, bermitra dengan Indosat Ooredoo Hutchison.

Mengenal Blockchain: Teknologi di Balik Inovasi Perbankan

Blockchain, teknologi yang menjadi dasar dari perkembangan mata uang kripto seperti Bitcoin dan Ethereum, kini semakin populer dan tidak hanya diketahui oleh komunitas IT, tetapi juga masyarakat awam.

Baca juga tentang Bitcoin: Peluang dan Tantangan Investor: Menyikapi Kenaikan Harga Setelah Halving 2024

Blockchain adalah sistem penyimpanan data digital dengan catatan yang terhubung secara kriptografis.

Secara harfiah, blockchain terdiri dari dua kata, yaitu ‘block’ dan ‘chain’. ‘Block’ merujuk pada catatan digital yang menyimpan informasi transaksi, sedangkan ‘chain’ merujuk pada rantai yang menghubungkan block-block tersebut.

Setiap block dalam blockchain berisi informasi tentang transaksi dan sebuah hash, yaitu kode unik yang mengidentifikasi block dan isinya.

Keunikan dari blockchain terletak pada prinsip desentralisasi, di mana tidak ada satu pihak pun yang memiliki otoritas penuh atas jaringan.

Setiap transaksi yang terjadi akan diverifikasi oleh sejumlah komputer dalam jaringan blockchain. Hal ini membuat blockchain sangat aman dan transparan.

Dalam konteks perbankan, seperti yang ditunjukkan oleh kemitraan antara Fasset dan MBSB, blockchain dapat digunakan untuk menciptakan solusi aset digital inovatif.

Teknologi ini memungkinkan transaksi yang lebih cepat, lebih aman, dan lebih efisien, serta membuka peluang bagi berbagai kelas aset digital.

Dengan demikian, blockchain bukan hanya teknologi di balik Bitcoin atau Ethereum, tetapi juga menjadi kunci inovasi dalam berbagai sektor, termasuk perbankan.

Dengan terus berkembang dan berinovasi, blockchain diharapkan dapat membawa perubahan signifikan dalam cara kita melakukan transaksi dan mengelola aset di masa depan.

Referensi:

  • Rizal, A. (2024, April 25). Fasset dan MBSB Hadirkan Solusi Perbankan Berbasis Blockchain. Info Komputer.
  • Qwords. (n.d.). Apa itu Blockchain? Qwords.
  • Gramedia. (n.d.). Pengertian Blockchain. Gramedia.
  • DailySocial. (n.d.). Blockchain. DailySocial.
  • DetikInet. (n.d.). Apa itu Blockchain dan Cara Kerjanya. DetikInet.
  • ITBox. (n.d.). Blockchain Adalah. ITBox.

Share:

Related Post

Tinggalkan komentar