Ketika berlibur di Solo, Anda tidak perlu kesulitan cari tempat makan, karena sudah ada Galabo kuliner malam Solo.

Galabo sekilas mirip dengan Pasar Semawis di Semarang, tetapi bedanya, tempat ini buka setiap hari. Galabo Solo bisa menjadi pilihan destinasi setelah Anda puas menjelajahi tempat wisata di Solo pada malam hari.

Sekilas Tentang Galabo Kuliner Malam Solo

Galabo, singkatan dari Gladag Langen Bogan, terletak dekat Bundaran Gladag di utara pintu masuk alun-alun. Dalam bahasa Jawa, Langen Bogan berarti ‘makanan kesukaan’, berasal dari kata Bogan dan Langen.

Awalnya, Kawasan galabo kuliner malam Solo ini berada di pinggir jalan dengan banyak kios pedagang yang ramai berjualan mulai pukul 17.00 WIB. Setelah jam tersebut, jalan akan ditutup sehingga Anda bisa menikmati makanan dengan nyaman di tengah jalan.

Di sini, Anda dapat mencoba berbagai macam menu khas Solo dan nusantara yang dijual oleh puluhan kios di pinggir jalan. Pusat kuliner ini sudah dibuka sejak tanggal 13 April 2008 dan telah menjadi salah satu yang paling terkenal di Solo.

Pada tahun 2019, Galabo direlokasi oleh pemerintah ke halaman selatan Benteng Vastenburg sehingga lebih tertata. Setelah relokasi, wisatawan bisa menikmati makanan dengan lebih tenang tanpa harus menunggu jalanan ditutup.

  9 Rekomendasi Wisata Kuliner Malam Solo Paling Laris 2024

Pada siang hari Anda masih bisa menikmati berbagai makanan di lokasi Galabo lama yang berada di pinggir jalan. Galabo kuliner malam Solo akan memuaskan rasa lapar Anda saat berkunjung ke kota Solo.

galabo kuliner malam solo
Kuliner Galabo Solo Dipindah Ke Vastenberg (Joss.co.id)

Lokasi dan Rute Menuju Galabo Kuliner Malam Solo

Galabo kuliner malam Solo lokasi di Jl. Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, tepat di selatan Benteng Vastenburg. Jaraknya sekitar 3 km dari Stasiun Solo Balapan dan hanya memerlukan waktu kurang dari 10 menit untuk sampai.

Rute terbaik menuju Galabo Solo bisa dengan mudah Anda dapatkan melalui bantuan Google Maps. Alternatif lainnya dengan memanfaatkan jasa rental mobil Solo atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Galabo Solo

galabo kuliner malam solo kota surakarta jawa tengah
Galabo (id.wikipedia.org)

Galabo Solo terkenal sebagai destinasi wisata kuliner malam yang bisa dinikmati dari sore hari hingga subuh. Biasanya mulai beroperasi pukul 17.00 WIB dan mencapai puncak keramaian pada pukul 20.00 WIB hingga pukul 02.00 WIB.

Usahakan untuk datang pada musim kemarau agar kunjungan Anda tidak terganggu oleh hujan. Dengan begitu, Anda bisa menikmati berbagai santapan lezat yang tersedia dengan bebas dan tenang.

Harga Tiket Masuk Galabo Kuliner Malam Solo

Galabo kuliner malam Solo tidak memerlukan biaya yang mahal. Anda hanya perlu membayar parkir untuk dapat masuk dan berkeliling menikmati beragam makanan yang ditawarkan di dalamnya.

  • Parkir Motor: Rp3.000,00
  • Parkir Mobil: Rp5.000,00
  • Harga Makanan: Rp3.000,00 – Rp75.000,00

Harga yang tercantum dalam tabel di atas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola. Namun, daftar ini dapat Anda jadikan sebagai perkiraan biaya yang diperlukan saat berkunjung ke Galabo Solo.

6 Rekomendasi Makanan di Galabo yang Lezat

Galabo kuliner malam Solo menawarkan berbagai menu lezat dengan harga terjangkau dari kios-kios yang dihuni oleh warung-warung terkenal di Solo. Di sini, Anda dapat menikmati makanan tradisional dan jajanan kekinian dengan harga yang jelas dan transparan.

  9 Rekomendasi Wisata Kuliner Malam Solo Paling Laris 2024
gambar galabo kuliner malam solo
Menikmati Kuliner Khas Solo di Galabo (viva.co.id)

1. Sate Kere Yu Rebi

Sate Kere adalah salah satu makanan khas Solo yang wajib dicoba, terutama karena menjadi favorit Presiden Jokowi dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming.

Sate ini dinamakan “kere” (miskin) karena dahulu kala sate daging terlalu mahal bagi rakyat biasa, sehingga mereka membuat versi sate dari ampas tempe dan bumbu bacem dengan kecap.

Sate Kere Yu Rebi, yang terkenal sejak 1968, menawarkan cita rasa lembut dan lezat dengan harga terjangkau di kawasan galabo kuliner malam Solo.

2. Cabuk Rambak

Cabuk Rambak adalah makanan khas Solo yang ideal sebagai pengganjal lapar atau camilan sebelum makan besar.

Makanan ini terdiri dari irisan tipis ketupat yang disiram dengan bumbu wijen, kelapa parut sangrai, dan kemiri, serta disajikan dengan karak, kerupuk dari nasi yang digoreng kering.

Disajikan di atas daun pisang, Cabuk Rambak menawarkan cita rasa tradisional yang lezat dengan harga yang sangat terjangkau.

3. Sate Buntel

Sate Buntel dibuat dengan membungkus daging kambing dan lapisan lemaknya di sekitar batang sate sebelum dibakar.

Disajikan dengan nasi putih hangat dan bumbu kecap pedas manis, sate buntel menawarkan rasa nikmat yang sulit ditemukan di luar Solo.

4. Selat Solo

Selat Solo, atau salad Solo, adalah perpaduan budaya Eropa dan Jawa yang ditandai dengan daging sapi has dalam yang direbus dengan bumbu, disajikan bersama kuah, telur, wortel, dan kentang.

Meskipun mirip dengan salad, Selat Solo menggunakan daging sapi sebagai bahan utama. Pastikan Anda menyantap hidangan ini sebagai selingan sebelum makan makanan utama di galabo kuliner malam Solo

5. Tengkleng Pasar Klewer

Di Galabo, Anda juga bisa mencoba Tengkleng Pasar Klewer, makanan legendaris yang sudah ada sejak 1971. Rasanya yang konsisten dan nikmat membuat siapapun yang mencobanya pasti ingin kembali. Tengkleng Klewer adalah salah satu makanan wajib saat mengunjungi Galabo.

  9 Rekomendasi Wisata Kuliner Malam Solo Paling Laris 2024

6. Nasi Liwet

Untuk Anda yang masih lapar di malam hari, Nasi Liwet khas Solo adalah pilihan yang tidak boleh dilewatkan. Nasi yang dimasak dalam ketel ini menghasilkan rasa dan aroma khas yang lezat.

Disajikan dengan ayam, sayur jipang, dan telur rebus di atas daun pisang yang telah dipanaskan, Nasi Liwet menawarkan rasa pedas dan wangi yang menggugah selera.

Jangan khawatir, selama liburan di Solo dijamin tidak akan lapar dan membuat Anda merasa puas selama ada di sini. Galabo kuliner malam Solo bisa menjadi solusinya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *