Malioboro, jantung wisata Kota Jogja, menawarkan suasana unik yang sulit ditemukan di tempat lain, apalagi beberapa destinasi dekat Maliboro ini. Para wisatawan yang berkunjung ke sini akan merasakan pesona khas yang hanya bisa ditemukan di Malioboro.

Jika Anda mulai merasa bosan, jangan khawatir!

Ada beberapa destinasi wisata yang terletak sangat dekat dengan Malioboro, mudah dijangkau dengan berjalan kaki, dan tentunya ramah di kantong.

Di sekitar jalan legendaris, Anda akan menemukan berbagai destinasi wisata menarik. Mulai dari tempat-tempat bersejarah peninggalan kerajaan hingga Keraton Yogyakarta, semuanya siap menambah pengalaman wisata Anda di Jogja. Jelajahi keindahan dan kekayaan budaya yang ada di sekitar Malioboro, dan ciptakan kenangan mengesankan.

Destinasi Dekat Malioboro yang Bisa Dijangkau Ramah di Kantong Terbaru

Malioboro adalah magnet utama wisata di kawasan Jogja, selalu dipenuhi oleh wisatawan yang datang dari berbagai penjuru. Suasana di Malioboro tidak pernah sepi, dengan aktivitas yang berlangsung 24 jam tanpa henti. Di sini, wisatawan bisa menikmati waktu bersantai, berjalan-jalan, hingga berbelanja di sepanjang jalan yang ikonik ini.

destinasi dekat malioboro
Sejarah Taman Sari Jogja, Taman Air Tempat Rekreasi Para Sultan (traveldotkompasdotcom)

Namun, di balik gemerlap toko-toko dan keramaian pedestrian, terdapat berbagai destinasi dekat Malioboro menarik yang bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki. Ada beberapa destinasi wisata dekat Malioboro yang murah meriah dan mudah diakses.

1. Taman Sari

Dikutip dari laman resmi Dinas Kebudayaan DIY, Taman Sari merupakan kompleks pemandian air yang dulunya digunakan sebagai tempat peristirahatan para raja Yogyakarta. Taman Sari menawarkan keindahan arsitektur yang memukau dengan perpaduan gaya Jawa dan Portugis.

  5 Destinasi Wisata Batu Malang Terpopuler 2024

Destinasi dekat Malioboro ini, Anda bisa menemukan kolam-kolam air yang jernih, lorong-lorong rahasia, dan gua-gua bawah tanah yang penuh dengan cerita misteri.

Tempat ini sangat mudah dijangkau dengan berjalan kaki, hanya sekitar 15 menit dari Malioboro, dan tiket masuknya pun sangat terjangkau, hanya Rp10.000.

2. Masjid Gedhe Kauman

Wisatawan juga dapat mengunjungi Masjid Gedhe Kauman atau Masjid Raya Yogyakarta, yang lokasinya tidak jauh dari Malioboro dan bisa dicapai dengan berjalan kaki sambil menikmati suasana Jogja. Masjid ini merupakan salah satu landmark bersejarah yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1773.

Masjid ini memiliki desain yang unik dengan berbagai perpaduan budaya, mencerminkan kekayaan warisan arsitektur dari masa lalu. Masjid Gedhe Kauman tidak hanya menawarkan keindahan arsitektur, tetapi juga kedamaian dan ketenangan bagi para pengunjungnya. Menariknya, wisatawan dapat menikmati keindahan destinasi dekat Malioboro ini tanpa harus membayar tiket masuk.

wisata dekat malioboro
3 Pasar Tradisional Bersejarah di Yogyakarta yang Masih Eksis Sampai Sekarang (liputan6dotcom)

3. Pasar Beringharjo

Bagi para pecinta kuliner dan belanja, Pasar Beringharjo adalah surga yang tak boleh dilewatkan. Pasar tradisional ini terletak di kawasan Jalan Malioboro, sehingga dapat dikunjungi hanya dengan berjalan kaki.

Pasar ini menawarkan berbagai fashion batik seperti daster, kain, kemeja, rok, dan lain-lain. Selain itu, terdapat juga pedagang yang menjual tas, hiasan rumah, dan berbagai barang lainnya dengan harga yang murah meriah dan bisa ditawar.

Setelah lelah berkeliling pada destinasi dekat Malioboro ini, Anda bisa mencicipi aneka kuliner khas Jogja yang lezat seperti pecel, gudeg, jenang, dan jajanan tradisional lainnya. Pasar Beringharjo adalah tempat yang sempurna untuk merasakan budaya dan cita rasa lokal Jogja.

4. Museum Benteng Vredeburg

Bagi Anda yang menyukai wisata sejarah, Museum Benteng Vredeburg adalah destinasi dekat malioboro yang sangat recommended. Menurut Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, bangunan seluas 46.574 meter persegi ini telah diresmikan sebagai museum sejak 23 November 1992.

  5 Destinasi Wisata Batu Malang Terpopuler 2024

Museum ini terletak hanya sekitar 500 meter dari Malioboro dan dapat ditempuh dalam waktu 6 menit dengan berjalan kaki.

Museum Benteng Vredeburg menawarkan pengalaman yang mendalam tentang sejarah Yogyakarta dengan berbagai koleksi dan diorama yang informatif. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, hanya Rp10.000 per orang, menjadikannya pilihan wisata yang hemat.

5 destinasi wisata dekat malioboro

Sejarah Tugu Yogyakarta: Makna, Fungsi, dan Keunikan (Yogyakartadotkompasdotcom)

5. Monumen Tugu Yogyakarta

Bangunan ikonik ini, juga dikenal dengan sebutan Tugu Pal Putih, adalah salah satu simbol Yogyakarta yang paling terkenal. Monumen Tugu Yogyakarta menawarkan tempat yang sempurna untuk nongkrong dan berswafoto dengan latar belakang sejarah yang kaya.

Di sekitar Kawasan destinasi dekat Malioboro ini, terdapat sejumlah restoran dan kafe yang bisa Anda kunjungi untuk mengisi perut yang keroncongan setelah berkeliling. Tempat ini menjadi destinasi favorit para wisatawan karena keindahan dan kemudahan aksesnya.

Kelima destinasi wisata dekat Malioboro di atas sangat layak untuk dikunjungi saat Anda berada di Jogja. Selain dekat, destinasi dekat malioboro ini juga menawarkan pengalaman yang kaya dengan harga yang terjangkau. Mari jelajahi keindahan dan kekayaan budaya yang tersembunyi di balik keramaian Malioboro!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *